Empat Unsur Baru Resmi Masuk dalam SPU

spu new

REPUBLIKA.CO.ID, Tabel sistem periodik unsur (SPU) kehadiran empat anggota baru. Para pejabat dari International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) bersuka cita mengonfirmasi penemuan unsur 113, 115, 117, dan 118. Saat ini, ilmuwan menemukan cukup bukti untuk memberikan tempat permanen empat unsur ini di tabel periodik. Nantinya, unsur tersebut akan memerlukan nama baru yang resmi.

Keempat unsur ini adalah unsur sintetis yang hanya dapat diproduksi di laboratorium, dan akan meluruh dalam hitungan detik. Sampai saat ini, unsur 113, 115, 117, dan 118 memiliki nama dan posisi sementara di baris ketujuh dari tabel periodik. Alhasil, baris ketujuh dalam SPU kini telah lengkap.

"Selama lebih dari tujuh tahun kami terus mencari data secara meyakinkan mengidentifikasi unsur 113, tapi kita tidak pernah melihat yang lain," kata Kosuke Morita dari RIKEN di Jepang menyatakan salah satu dari empat elemen tersebut dilansir dari laman Sciencealert, Selasa (5/1).

Tim Morita telah dipuji dengan penemuan unsur 113. Artinya, mereka telah memenangkan hak untuk penamaan juga. Sampai saat ini, unusr 113 dikenal dengan nama sementara, ununtrium, dan simbol sementara Uut. Tiga elemen yang tersisa, 115, 117, dan 118 turut dikenal sementara sebagai ununpentium (Uup), ununseptium (Uus), dan ununoktium (Uuo), masing-masing dari unsur juga akan mendapatkan nama-nama baru.

"Saya tidak siap untuk menyerah, namun, karena saya percaya bahwa suatu hari, jika kita bertahan, keberuntungan akan jatuh pada kita lagi," lanjut dia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *